Kenali 5 Fitur Keamanan di Telegram untuk Keamanan Data Anda

Kenali 5 Fitur Keamanan di Telegram untuk Keamanan Data Anda

Sebagai aplikasi pesan instan, Telegram terus melengkapi platformnya dengan berbagai fitur keamanan. Berikut adalah lima fitur keamanan Telegram yang harus Anda ketahui.

Telegram adalah pesaing terkuat WhatsApp. Keduanya memberikan layanan secara gratis, dan Telegram mengklaim memiliki fitur keamanan berlapis.

Seperti yang kita semua tahu, Telegram melindungi privasi pengguna lebih baik daripada aplikasi serupa. Misalnya, Telegram memungkinkan pengguna yang tidak ingin nomor teleponnya terekspos untuk menyembunyikan nomornya sehingga hanya nama mereka yang muncul di layar perangkat pihak lain.

Baca Juga :  Tips Cara Cek Tagihan Bulanan IndiHome Dengan Mudah

Berikut adalah lima fitur keamanan Telegram:

1. Kirim pesan rahasia dengan fitur Secret Chat

Jika ingin mengirim pesan rahasia, pengguna Telegram bisa menggunakan fitur secret chat di Telegram. Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim pesan rahasia kepada siapa pun.

Fungsi obrolan rahasia di aplikasi Telegram dienkripsi ujung ke ujung, sehingga saat menggunakan fungsi ini, tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat pesan Anda dengan orang lain, termasuk Telegram.

Baca Juga :  5 Memanfaat THR Untuk Membeli Smartphone Terbaik 2022

2. Mendukung server proxy

Selain ketiga fitur di atas, Telegram juga mendukung server proxy. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan alamat IP mereka dengan menghubungkan akun mereka ke server proxy khusus.

Pada dasarnya, fitur ini bekerja dengan cara yang sama seperti koneksi VPN yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk melindungi identitas mereka di Internet. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke Settings-Data dan Storage-Proxy Settings.

Baca Juga :  Sejarah Singat Steve Jobs Menamai Perusahaannya Apple

3. Akses masuk dengan fitur Two-Step Verification

Saat ini, ada banyak aplikasi yang menggunakan verifikasi dua langkah untuk meningkatkan keamanan pengguna, tidak terkecuali Telegram. Setelah aktivasi, fitur ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan kata sandi setiap kali mereka masuk ke akun Telegram pribadi mereka melalui perangkat lama dan baru.

Kata sandi ini diperlukan sebagai pelengkap OTP (One Time Password) yang muncul saat pengguna memasang akun Telegram di perangkat baru. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari pencuri identitas yang mengetahui kata sandi dan mencoba meretas akun Telegram mereka.

Baca Juga :  5 Fungsi Smartwatch untuk Kehidupan Sehari-hari

4. Kunci pesan dengan fitur Lock Chat agar terhindar dari teman yang kepo

Saat Anda mengobrol di tempat umum atau di sekitar teman, Anda mungkin merasa tidak nyaman karena khawatir isi pesan Anda akan dilihat oleh orang lain. Nah, pengguna Telegram bisa memanfaatkan fitur lock chat agar orang lain tidak menemukan konten pesan Anda.

Baca Juga :  Cara Menjaga Komputer Anda Tetap Dingin

Caranya, tinggal klik tombol setting-privacy and security-password dan Touch ID-install PIN atau Touch ID- dan selesai. Setelah Anda tidak menggunakan aplikasi selama beberapa menit, pesan Anda akan dikunci secara otomatis, atau Anda dapat mengklik ikon obrolan kunci di bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

5. Salah kirim chat? Ini Caranya!

Sering kali, kita terlalu fokus pada obrolan sehingga kita salah paham saat mengirim pesan. Saya harus mengirimkannya ke pacar saya, tapi itu salah sasaran. Jika Anda mengalami situasi ini, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menghapus pesan terkirim di aplikasi Telegram.

Baca Juga :  Cara Membangun Komputer dan Pemilihan Komponen

Anda juga dapat menghapus pesan terkirim kapan saja, tidak ada batasan waktu. Jadi, jika Anda ingin menghapus pesan yang dikirim sebulan yang lalu, Anda masih bisa melakukannya.