Daftar Bantuan PPKM Darurat

Berikut Daftar Bantuan PPKM Darurat yang Tersedia Bagi Masyarakat Terdampak!

Seperti diketahui, Presiden Jokowi secara resmi memperpanjang masa pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM) menjadi 25 Juli 2021. Untuk itu, pemerintah Indonesia telah menyiapkan sejumlah program bantuan darurat PPKM.

Perpanjangan periode PPKM dilakukan pemerintah setelah meninjau perkembangan kasus Covid-19. Kasusnya tidak berkurang, tetapi kita semua berharap akan berkurang sehingga pemerintah secara bertahap membuka kembali kegiatan ekonomi mulai 26 Juli.

Baca Juga :  Tata Cara Membuat KTP Digital Secara Online

Sejak diberlakukannya periode PPKM darurat ini, pemerintah terus memberikan bantuan kepada masyarakat, berikut daftar bantuan PPKM darurat yang tersedia untuk masyarakat:

Daftar Bantuan PPKM Darurat Terbaru

Pemerintah mengalokasikan dana bantuan PPKM dalam anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang meningkat dari Rp 699,4 triliun menjadi Rp 744,5 triliun.

Pemerintah mengalokasikan berbagai jenis bantuan dari anggaran ini, mulai dari potongan harga listrik hingga bantuan tunai bagi peserta UMKM. Untuk informasi lebih lengkap, berikut daftar bantuan darurat PPKM atau bantuan tambahan yang diberikan pemerintah selama PPKM yang dirangkum di laman kompas.com.

Baca Juga :  Cara dan Syarat Membuat SKCK Online Di Skck.polri.go.id

1. Kartu Sembako

Pemerintah akan memperpanjang masa pendaftaran dan penyaluran Bantuan Program Kartu Sembako selama 2 bulan terhitung sejak Juli hingga akhir Agustus 2021.

Melalui program ini, mereka yang terdaftar sebagai penerima program kartu Sembako akan mendapatkan subsidi bulanan sebesar Rp 200.000. Target bantuan adalah 18,8 juta keluarga atau sekitar 75,2 juta jiwa.

Baca Juga :  Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online Tahun 2022, Mudah dan Praktis

2. Diskon tarif listrik

Ada juga diskon tagihan listrik, dan pemerintah telah memperpanjang masa bantuan hingga September 2021. Kelompok subsidi 450 VA dan 900 VA mendapat potongan harga listrik.

Pelanggan listrik golongan 450 VA akan mendapatkan diskon 50%, sedangkan pelanggan listrik golongan 900 VA mendapat diskon 25%. Untuk pelanggan pasca bayar, reward atau diskon diberikan dengan cara langsung mengurangi tagihan listrik pelanggan. Untuk pelanggan prabayar akan diberikan potongan tagihan listrik pada saat pembelian token listrik.

Baca Juga :  Rincian Biaya Haji 2022, Rp 39,8 Juta Per Jemaah Berikut Rinciannya

3. Bansos Tunai

Untuk meringankan beban masyarakat yang harus mengurangi kegiatannya atau yang terkena dampak penerapan PPKM darurat, pemerintah telah menyiapkan bantuan tunai untuk PPKM dengan target 10 juta rumah tangga penerima manfaat (KPM) di 34 provinsi.

Program bantuan tunai PPKM darurat pemerintah telah diperpanjang menjadi dua bulan dari Juli 2021 hingga Agustus 2021, sehingga masyarakat yang belum menerima bantuan masih memiliki waktu untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan tunai PPKM darurat.

Baca Juga :  Kata Menaker Ini Kriteria Penerima Subsidi Gaji Rp 1 Juta Tahun 2022

4. Beras Bulog

Pemegang kartu sembako dan penerima bantuan sosial tunai PPKM darurat akan mendapatkan bantuan beras Bulog 10 kg/keluarga. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp3,58 triliun dengan target 28,8 juta rumah tangga.