Manfaat Tes Kecepatan Internet

Ini Manfaat Tes Kecepatan Internet yang Perlu Diketahui

Banyak orang tidak tahu bahwa tes kecepatan internet sangat penting. Karena banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Seperti namanya, Internet Speed ​​Test atau Tes Kecepatan Internet adalah tes untuk mengetahui kapasitas maksimal jaringan internet yang kita gunakan. Digunakan untuk mengunggah dan mengunduh data.

Kemudian, nilai rata-rata dari data tersebut disebut bandwidth. Melalui bandwidth, kita bisa mengetahui seberapa cepat atau lambat koneksi internet yang kita gunakan.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartphone Terbaik 2022 Selama Bulan Ramadhan

Bandwidth biasanya diukur dalam Mbps atau megabyte per detik. Jika kecepatan internet 3 Mbps, berarti kecepatan transmisi data adalah 3 megabyte per detik.

Apa gunanya mengetahui ini? Jenis yang berbeda. Misalnya kita ingin mengetahui kecepatan internet di suatu tempat atau tempat tertentu. Misalnya di kafe, hotel, atau rumah teman.

Setelah kita mengetahui berapa kecepatan internet yang digunakan, setidaknya kita bisa memiliki ekspektasi terhadap aktivitas yang sedang berlangsung. Misalnya, ketika Anda membutuhkan pekerjaan Internet, mengunduh konten tertentu, dan sebagainya.

Baca Juga :  6 Kebiasaaan Ini Bisa Dapat Membuat Laptop Kalian Cepat Rusak

Misalnya, jika kecepatan internet hanya 3 Mbps, jangan berharap untuk mengunduh game atau memperbarui aplikasi. Karena akan lama. Kecepatan di bawah 10 mbps hanya cocok untuk tugas-tugas penting dan perlu, seperti mengirim email, mengobrol, dll.

Download, Upload, dan Ping

Ada tiga hal utama yang perlu dipertimbangkan saat melakukan tes kecepatan jaringan. Yang pertama adalah kecepatan unduh (download speed), kecepatan unggah (upload speed), ping (waktu jeda).

Baca Juga :  4 Fitur Kamera Smartphone Yang Bikin Foto Makin Estetik

Kecepatan download adalah kecepatan koneksi internet yang kita gunakan untuk mendownload data. Ini penting saat streaming video ke game online.

Kecepatan unggah adalah kecepatan yang kita perlukan untuk mengunggah data ke Internet. Ini penting ketika kita harus mengirim foto dan video melalui WhatsApp dan mengunggah konten ke YouTube, Instagram, dan Facebook.

Baca Juga :  5 Tips Live Streaming dari Lazada untuk Tingkatkan Penjualan Ecommerce

Ping adalah perbedaan waktu. Tepatnya, ini adalah waktu yang dibutuhkan komputer atau jaringan seluler untuk mengirimkan data. Ping ini biasanya digunakan dalam milidetik. Semakin tinggi milidetik, semakin buruk situasinya. Misalnya, jika kita memainkan “Game Call of Duty Mobile” dengan Ping maksimal 100 milidetik, kita akan merasakan bahwa game tersebut lambat, macet, dan tidak responsif.

Baca Juga :  Cara Membangun Komputer dan Pemilihan Komponen

Nah, website untuk menguji kecepatan internet adalah Speedtest.net yang dikembangkan oleh Ookla di Montana, USA.

Layanan Speedtest dapat digunakan di hampir semua platform, seperti iOS, Android, macOS, Apple TV hingga Windows.

Cara menggunakan speedtest, kunjungi saja link https://www.speedtest.net. Atau, unduh aplikasi di ponsel Anda dan klik “Mulai” di tengah layar.

Baca Juga :  4 Keuntungan yang Pengguna Dapatkan Saat Memakai TWS

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga Anda telah memeriksa semua hasil kecepatan internet.

Pencarian Kata Kunci : Cek Kecepatan Internet Saya - Tes Kecepatan Sinyal- Tes Kecepatan Internet Telkomsel - Tes Kecepatan Internet Indihome - Tes Kecepatan Internet Google - Tes Kecepatan Internet First Media - Tes Jaringan Wifi - Tes Jaringan Indihome - Tes Bandwidth - Tes Koneksi Internet -