10 Tips Agar Mesin Cuci Kalian Tahan Lama

10 Tips Agar Mesin Cuci Kalian Tahan Lama

Mesin cuci merupakan perangkat listrik yang sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi jika kita tinggal di daerah perkotaan. Nah, jika mesin cuci tiba-tiba mogok, kita akan pusing.

Karena keterbatasan waktu antara pekerjaan kita di kantor dan jam kerja pekerjaan rumah tangga, pakaian kita akan menumpuk. Apalagi ketika ada banyak orang dalam keluarga atau ada banyak rumah tangga tentu ada lebih banyak pakaian yang harus dicuci!

Baca Juga :  7 Tips Membeli Mesin Espresso Rumah

Untungnya, seiring perkembangan zaman, teknologi yang terus berubah membuat mesin cuci lebih cepat dan praktis!

Namun, betapapun canggihnya mesin cuci, kita perlu melakukan beberapa tindakan dan kebiasaan agar mesin cuci kita tetap awet.

Berikut tips-tipsnya:

1. Tempatkan mesin cuci dengan baik

Terkadang kita tidak menyadari bahwa letak mesin cuci juga akan mempengaruhi masa pakainya. Usahakan untuk menempatkan mesin cuci di tempat yang datar, rata, dan kering, jauh dari sinar matahari langsung. Usahakan juga untuk memberi jarak antara mesin cuci dengan dinding atau benda lainnya.

Baca Juga :  Hanya Butuh 5 menit Untuk Cek Kondisi Mobil Sebelum Digunakan

Getaran mesin cuci dapat menimbulkan gesekan antara mesin cuci dengan benda-benda yang menempel padanya, serta dapat merusak casing mesin cuci.

2. Kosongkan kantung pakaian Anda

Pastikan untuk mengosongkan saku dan kantong pakaian Anda. Benda-benda kecil yang Anda bawa, seperti koin, pulpen, korek api, dan bahkan kertas, dapat menyumbat pipa pembuangan mesin cuci. Ini akan merusak sistem pembuangan dan silinder mesin cuci.

Baca Juga :  Jenis-Jenis dari Baut dan Sekrup Serta Mur yang Perlu Diketahui

3. Bacalah buku manual petunjuk penggunaan

Ini adalah kebiasaan baik yang perlu kita tanamkan. Dengan membaca manual, kita akan memahami prinsip kerja mesin cuci dan cara mengoperasikan mesin cuci dengan benar.

4. Pastikan mesin cuci tidak overload

Hampir semua pengguna mesin cuci memasukkan begitu banyak pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Ini akan membebani motor. Jika beban lebih ini berlanjut, motor akan rusak. Pakaian Anda juga akan cepat rusak karena terjerat.

Baca Juga :  Ketahui 5 Sebab Rusaknya Penyebab Bearing Pada Roda

Baca manual untuk memahami kapasitas maksimum mesin cuci! Usahakan agar beban pakaian tetap di bawah kapasitas maksimalnya.

5. Gunakan kantung cucian (laundry bag)

Pisahkan pakaian perjalanan dan pakaian dengan dekorasi. Kemudian masukkan ke dalam laundry bag. Kemudian masukkan ke dalam mesin cuci agar tidak terjerat atau rusak oleh pakaian lain. Hal ini untuk menjaga keawetan pakaian dan mesin cuci.

Baca Juga :  3 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup

6. Baliklah pakaian kotor Anda

Sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, coba balikkan pakaian Anda. Balikkan bagian dalam pakaian ke luar. Ini akan mencegah kancing, ritsleting, dan aksesori pakaian lainnya tersangkut dan menggores permukaan bagian dalam drum mesin cuci. Dengan cara ini pakaian Anda tahan lama seperti mesin cuci!

7. Selalu gunakan setting moda mencuci sesuai jenis pakaian Anda

Terkadang kita lupa bahwa seprai, jeans, dan jaket lebih berat daripada pakaian lain saat basah. Pastikan untuk memilih pengaturan mode pencucian yang sesuai. Hal ini untuk memungkinkan motor mesin cuci Anda bertahan lebih lama.

Baca Juga :  Apakah Perlu Membeli Mesin Jahit Bekas?

8. Gunakan sabun deterjen khusus mesin cuci

Selalu gunakan deterjen yang sesuai untuk mesin cuci Anda. Jangan lupa untuk menggunakan jumlah deterjen yang tepat. Hal ini untuk mencegah sabun mengeras dan menyumbat pada pipa pembuangan mesin cuci. Anda dapat membaca dosis deterjen pada petunjuk penggunaan atau pada label kemasan sabun deterjen.

Baca Juga :  8 Tahap Cara Mengelas/Welding yang Baik dan Benar

9. Setelah selesai, bersihkan mesin cuci Anda

Kantong filter bulu dan filter lainnya perlu dibersihkan. Bulu-bulu dapat berkumpul bersama, merusak kain saring dan menyumbat saluran pembuangan dan pipa pembuangan mesin cuci. Tutupi mesin cuci dengan kain atau penutup khusus.

10. Hindari pakaian yang sangat kotor

Pakaian yang sangat kotor dapat menimbulkan noda dan kerak pada mesin cuci. Kotoran juga dapat menyumbat pipa pembuangan mesin cuci dan pakaian lainnya. Pisahkan pakaian yang sangat kotor, rendam dan cuci dengan tangan. Cuci lagi di mesin cuci setelahnya.

Baca Juga :  Daftar Harga Pompa Air Shimizu Terbaik

Kebiasaan ini perlu secara sadar dikembangkan dan diulangi setiap kali mesin cuci digunakan. Seiring waktu, Anda akan melakukannya secara refleks tanpa diminta lagi.

Selamat atas kebiasaan baru Anda dalam mencuci pakaian!

Pencarian Kata Kunci : 4c Mesin Cuci Samsung - 4e Mesin Cuci Samsung - Cuci Tabung Mesin Cuci Samsung - Harga Mesin Cuci 2 Tabung Lg 2020 - Harga Mesin Cuci Lg 2 Tabung Hemat Listrik - Harga Mesin Cuci Samsung 2 Tabung 10 Kg - Harga Mesin Cuci Samsung 2 Tabung 12 Kg - Harga Mesin Cuci Samsung 2 Tabung 6 Kg - Mesin Cuci Samsung 2 Tabung 14 Kg - Mesin Cuci Samsung 4e - TIPS MESIN CUCI-