4 Tips Memilih Kompresor Angin Sesuai Kebutuhan Anda

4 Tips Memilih Kompresor Angin Sesuai Kebutuhan Anda

Pernahkah Anda menggembungkan ban mobil atau menyemprot cat dengan sprayer? Kedua aktivitas ini berbeda, namun sama-sama menggunakan kompresor Angin. Alat ini “menyerap” gas atau udara dari sekitarnya untuk menekannya di dalam tabung sebelum didistribusikan kembali sebagai udara terkompresi.

Kompresor juga dapat digunakan dalam skala besar, seperti sistem pembersihan di pabrik semen. Jadi, jika Anda ingin menggunakan kompresor, yang mana yang harus Anda beli? Biarkan kami memahami cara memilih kompresor sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Cara Memproduksi Suku Cadang Secara Efisien Tanpa Mesin Bubut CNC

Cari tahu tekanan udara yang diperlukan

Menentukan tekanan udara yang dibutuhkan juga penting untuk mendapatkan kompresor sesuai kebutuhan. Apakah itu membutuhkan tekanan udara 24 jam tanpa gangguan? Jika iya, berarti Anda membutuhkan kompresor dengan aliran udara yang tinggi.

Kemudian, jenis kompresor yang cocok untuk kebutuhan ini adalah kompresor udara ulir. Keunggulan kompresor ini adalah udaranya tidak terlalu banyak mengandung uap air. Selain itu, suaranya tidak bising, meskipun digunakan selama 24 jam penuh, tidak akan menimbulkan polusi suara.

Baca Juga :  4 Tips Memilih Pompa yang Baik untuk Sumur Bor

Pertimbangkan output udara

Jangan lupa untuk menggunakan keluaran udara sebagai cara untuk memilih kompresor sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum, kompresor udara biasa paling banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan komersial dan industri. Namun, memang benar udara keluaran yang keluar masih mengandung campuran minyak dan zat lainnya.

Jika kompresor akan digunakan di tempat-tempat medis seperti laboratorium atau area dengan persyaratan kebersihan tinggi, kompresor bebas oli lebih cocok. Idealnya, kompresor jenis ini 99% bebas dari campuran oli dan zat lainnya. Keluaran atau keluaran udara relatif lebih murni.

Baca Juga :  6 Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Maktec Tidak Hidup

Perhatikan sumber daya listrik di area Anda

Salah satu cara memilih kompresor sesuai kebutuhan adalah dengan memperhatikan lokasinya. Di mana Anda akan menggunakan kompresor? Jika Anda berada di tempat yang sering kekurangan listrik, kompresor bensin lebih cocok karena tidak membutuhkan listrik.

Kompresor jenis ini juga cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas terbatas atau yang sering berpindah-pindah. Namun kompresor ini akan menghasilkan suara yang relatif bising saat bekerja. Cara menyalakannya harus dilakukan secara manual.

Baca Juga :  Jenis-Jenis dari Baut dan Sekrup Serta Mur yang Perlu Diketahui

Hal ini berbeda dengan kompresor yang menggunakan listrik. Pengoperasiannya relatif mudah karena sistem kelistrikan memungkinkan kompresor bekerja secara otomatis. Tentunya Anda harus bisa menemukan area yang dekat dengan instalasi listrik agar kompresor jenis ini dapat bekerja dengan maksimal.

Sesuaikan ukuran dan tempat kompresor

Selain ketiga poin di atas, hal lain untuk memilih kompresor yang sesuai dengan kebutuhan Anda juga sangat penting, yaitu dengan mempertimbangkan ukuran dan letak kompresor. Jika area yang tersedia cukup luas, Anda bisa lebih leluasa memilih kompresor.

Baca Juga :  8 Tahap Cara Mengelas/Welding yang Baik dan Benar

Namun, jika luasnya relatif terbatas, tentu harus ada kompromi. Ada produk kompresor udara mikro di pasaran yang mendukung mobilitas, tetapi biasanya tidak dilengkapi dengan tabung tekanan. Setiap opsi memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pastikan untuk mempertimbangkan setiap faktor.

Kompresor yang berfungsi penuh memang bagus, tetapi mungkin tidak memenuhi kebutuhan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memilih kompresor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Sejarah Mesin Jahit yang Perlu Diketahui
Pencarian Kata Kunci : Air Kompressor - Kompressor Swan - Kompressor Puma - Kompressor Listrik - Kompressor Lakoni - Kompressor 3hp - Kompressor - Harga Kompresor Tambal Ban - Harga Kompresor Paling Kecil - Radial Kompressor -